Pabrik Batu Alam Terbesar, Terlengkap, dan Terkemuka di Cirebon | SILVIO Natural Stone

Membuat Kolam Ikan Sederhana dan Mudah

Kolam ikan dapat menjadikan rumah lebih alami. Suara air dan ikan yang berennag dapat memberikan ketenangan bagi penghuni rumah tersebut. Kolam ikan memberikan suasana tersendiri di rumah. Saat ini pembuatan kolam ikan sederhana semakin diminati. Hal ini dikarenakan bahan yang digunakan dan proses pembuatannya yang relative singkat dan mudah.

Kolam ikan sederhana yang dibuat dengan menggunakan bahan yang sederhana sehingga dana yang dikeluarkan terjangkau. Salah satu bahan utama yang umum digunakan untuk membuat kolam ikan tersebut ialah wadah dan kantong plastik ukuran besar. Maksudnya, plastik hitam berwarna hitam untuk media tanam tumbuhan atau biasa disebut liner.

Yuk pelajari cara membuat kolam ikan sederhana di bawah ini.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan

Berikut ini beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolam ikan sederhana yang cantik di halaman:
• Sekop;
• Cangkul;
• Potongan papan kayu;
• Liner;
• Alat spirit level (untuk mengukur kerataan tanah);
• Batu bata dan batu alam;
• Semen dan air beserta adukannya;
• Dekorasi kolam ikan yang diinginkan.

Cara Membuat Kolam Ikan Sederhana

Sebelum membuat kolam, Anda dapat membuat sketsa desainnya terlebih dulu pada sebuah kertas. Sebelumnya, Anda dapat mencari inspirasi tentang desain pembuatan kolam ikan sederhana dari internet. Setelah itu, buat desain tersebut pada bidang lahan di halaman rumah yang akan dijadikan kolam ikan dengan menggunakan tali kasur dan paku. Hal ini dilakukan agar proses mencangkul sesuai dengan desain atau Anda dapat membuatnya dengan desain kotak biasa.

Nah, di bawah ini langkah-langkah pembuatan kolam ikan sederhana tersebut:

1. Cangkul Tanah
Cangkul area tanah yang telah ditandaioleh paku dan tali kasur. Cangkul tanah tersebut hingga kedalaman yang Anda inginkan.

2. Rapikan Pinggirannya
Rapikan area pinggirannya dengan menggunakan sekop kecil sehingga bentuk kolam semakin jelas.

3. Ukur Kerataaan Tanah
Setelah proses pencangkulan tanah selesai, ambillah papan kayu dan alat spirit level untuk mengukur kerataan area dalam dan atas tanah yang telah dicangkul.

4. Ratakan Tanah Hingga Sempurna
Lakukan kembali kegiatan meratakan tanah. Anda dapat menggunakan sekopa untuk merapikan dan membuang tanah di area yang belum rata. Proses ini dilakukan untuk memastikan kolam ikan rata sehingga hasilnya lebih rapi.

5. Tutup Permukaan Kolam
Ambil liner dan ratakan pada area tanah yang telah dicangkul dan tutupi area tersebut dengan sempurna. Gunakan batu bata untuk membantu liner menempel lebih baik pada permukaan tanah yang telah mencekung sehingga rapi.

6. Buat Pembatas Tepi
Gunakan kembali batu bata untuk menjadi tepi pembatas tepian atas kolam.

7. Isi Kolam dengan Air
Setelah liner menempel dengan baik, cobalah isi cekungan tanah tersebut dengan air yang disalurkan menggunakan selang. Isi setengah dulu dan lihat apakah Anda puas dengan bentukan cekungan yang dibuat.

8. Rapikan Sekeliling Kolam
Bila Anda sudah puas dengan bentuk cekungan kolam sederhanatersebut, selanjutnya rapikan tanah yang di sekeliling kolam ikan.

9. Ratakan Permukaan Tanah
Jika sudah tertutup semuanya, Anda ratakan permukaan kolam tersebut dengan cara diinjak atau menggunakan sapu lidi.

10. Apakah Perlu Tambahan Pancuran?
Pancuran dapat digunakan atau pun tidak. Jika Anda berencana untuk menempatkan pancuran di tengah kolam, lakukan sebelum proses merapikan tanah.

11. Tambahkan Semen
Pada bagian sela-sela batu bata yang kosong, Anda dapat mengisinya dengan menggunakan semen kemudian biarkan mengering hingga 3 sampai 4 jam.

12. Tambahkan Batu Alam sebagai Penghias di Pinggir Kolam
Tahap selnjutnya, hiasi pinggiran kolam dengan batu alam yang memiliki karakteristik sesuai dengan kolam ikan, misalnya Batu Templek atau Batu Kali. Batu ini tahan akan berbagai cuaca sehingga cocok digunakan untuk penghias kolam ikan. Dengan menggunakan batu ini membuat kolam ikan Anda semakin unik dan menarik. Anda pun dapat menghias bagian dalamnya menggunakan tanaman teratai dengan ukuran yang sesuai.

Kolam ikan pun telah selesai dibuat. Anda pun tinggal memasukkan ikan-ikan hias yang diinginkan ke dalamnya.
Tak sulit kan mengikuti cara membuat kolam ikan di atas?

Berikut contoh kolam ikan

Sekian ulasan dari kami sampaikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi. Jika Anda tertarik untuk menggunakan batu alam untuk kolam ikan Anda, kami siap membantu untuk memenuhi kebutuhan Anda baik dalam jumlah kecil maupun besar. Kami pun menyediakan jasa pemasangan batu alam. Informasi lebih jelas mengenai harga, proses pemesanan, dan pengiriman Anda dapat menghubungi Bpk. Gunawan.

Kantor:
CV. SILVIO GUNAWAN
Jl. Ir Soekarno Perumahan Bumi Sampiran Indah No 14 Ds. Sampiran Kec. Talun
Telp. +62822 3110 6100
Email. Pabrikcirebonbatualam@gmail.com

Pabrik:
Jaln Baru, Cengkoak, Gedung Tarung

Website:
www.distributorbatualam.com
www.jualbatuandesit.com
www.hargabatualamandesit.com

Tinggalkan Balasan

Email Anda tidak akan di publikasikan. Bidang yang ditandai * harus diisi

Kirim Pesan
Terimakasih, Kami ada Harga Khusus untuk anda yang membeli produk batu alam kami hari ini.